2012/08/14

Pengumuman CPNS Provinsi Bangka Belitung Tahun 2012-2013

Pengumuman CPNS Provinsi Bangka Belitung Tahun 2012-2013

GUBERNUR KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
P E N G U M U M A N
Nomor : 810/ 008 /BKD/2012 TENTANG
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
PEMERINTAH PROVINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
TAHUN 2012


Berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : R/80/M.PAN-RB/06/2012 tanggal 11 Juni 2012 Perihal : Persetujuan Rincian Alokasi Tambahan Formasi CPNS Daerah Untuk Jabatan yang dikecualikan Tahun 2012 dan Keputusan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor : 188.44/386/BKD/2012 Tanggal 7 Agustus 2012 tentang Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNS) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2012, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membuka pendaftaran dengan ketentuan sebagai berikut :I. PERSYARATAN PELAMAR
A. Persyaratan Umum :
  1. Warga Negara Republik Indonesia;
  2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  3. Memiliki integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  4. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri/Pegawai Negeri;
  5. Tidak berkedudukan sebagai anggota atau pengurus partai politik;
  6. Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri atau Pegawai Swasta;
  7. Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap;
  8. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau Negara lain yang ditentukan pemerintah;
  9. Bersedia mengikuti segala ketentuan yang berlaku di Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
B. Persyaratan Khusus
  1. Mempunyai kompetensi yang diperlukan;
  2. Berkelakuan baik;
  3. Sehat jasmani dan rohani;
  4. Lulus seleksi;
  5. Usia paling rendah 18 (delapan belas) tahun pada tanggal 9 Agustus 2012 dan paling tinggi :

    a. 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 9 Agustus 2012;
    b. 40 (empat puluh) tahun pada tanggal 9 Agustus 2012 bagi yang bekerja pada Instansi Pemerintah atau lembaga swasta berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional paling kurang 5 (lima) tahun pada tanggal 17 April 2002 secara terus menerus atau tidak terputus-putus sampai sekarang;
  6. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi berhak mengikuti ujian;
  7. Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 2,75 (dua koma tujuh puluh lima) bagi lulusan strata dua, strata satu dan diploma tiga;
  8. Diutamakan menguasai bahasa Inggris dengan dibuktikan hasil tes TOEFL minimal 400.
II. KETENTUAN PENDAFTARAN
  1. Lamaran dikirim melalui PT. Pos dengan Kilat Khusus (tercatat) mulai tanggal 9 s.d 15 Agustus 2012 stempel pos dan bagi pelamar yang mengirim lamaran sebelum dan sesudah tanggal ditetapkan tidak akan diproses.
  2. Lamaran ditulis tanga sendiri dengan tinta hitam dan ditandatangani sendiri oleh pelamar dengan menggunakan kertas HVS Folio yang dibubuhi materai Rp. 6000,- (enam ribu rupiah)
    menggunakan huruf kapital/balok dengan mencantumkan :

    - Nama lengkap semua gelar pendidikan dituliskan dibelakang nama;
    - Jenis kelamin;
    - Tempat/ Tanggal lahir;
    - Pendidikan Terakhir;
    - Alamat jelas : Jalan, Dusun/Kampung, RT/RW, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten dan Provinsi;
    - Nomor telepon rumah dan HP bila ada telepon yang mudah dihubungi;
    - Kode Jabatan Surat Lamaran dilampiri dengan :

    a. Pas photo terbaru berwarna ukuran 3 X 4 sebanyak 6 lembar dan dibaliknya ditulis nama dan alamat pelamar;
    b. Fotocopy ijazah yang dipersyaratkan, yang telah dilegalisir dengan ketentuan ijazah yang dikeluarkan oleh :
    1. Universitas/Institut foto copy ijazah dilegalisir oleh Rektor / Dekan / Pembantu Dekan Bidang Akademik.
    2. Sekolah Tinggi foto copy ijazah dilegalisir oleh Ketua / Pembantu Ketua Bidang Akademik.
    3. Akademi dan Politeknik foto copy ijazah dilegalisir oleh Direktur / Pembantu Direktur Bidang Akademik.
    4. PT Agama Islam foto copy ijazah dilegalisir oleh Pejabat yang berwenang.
    5. PTS Agama Hindu / Budha / Kristen / Katholik foto copy ijazah dilegalisir oleh Kabid Bimas Agama yang bersangkutan pada Kanwil Departemen Agama / Kakandep Agama Kabupaten / Kota dan Direktur, Sekretaris Ditjen Bimas yang bersangkutan.
    6. Sekolah / Akademi / PT Kedinasan foto copy ijazah dilegalisir oleh Kepala Sekolah/Ketua / Direktur Akademik atau PT yang bersangkutan, Kapusdiklat / Kabid yang berkompeten. (Ijazah sementara / surat keterangan lulus / bukti yudisium tidak berlaku)
    c. Fotocopy Surat Keterangan pencari kerja/ AK1 kartu kuning dari Dinas Tenaga Kerja yang masih berlaku dan dilegalisir oleh pejabat yang berwenang legalisir stempel basah;
    d. Fotocopy Surat Keputusan pengangkatan sebagai pegawai pada instansi pemerintah atau/ lembaga swasta berbadan hukum bagi yang berusia lebih dari 35 Tahun s/d. 40 Tahun dilegalisir oleh Pejabat yang berwenang pada tempat bekerja legalisir stempel basah dan menyertakan asli surat keterangan masih bekerja pada instansi tersebut;
    e. Formulir Data Pelamar yang diketik dan ditandatangani oleh pelamar;
    f. Hasil Tes TOEFL dengan nilai minimal 400;
    g. Menyertakan amplop balasan yang berukuran 23 x 11 cm berperangko kilat, dengan menuliskan nama dan alamat lengkap pelamar serta nomor telepon yang mudah dihubungi Contoh penulisan terlampir, bagi yang tidak menyertakan amplop balasan dan alamat yang jelas tidak akan dibalas.
  3. Berkas lamaran dimasukan ke dalam Map sesuai dengan warna Jenis formasi dan dimasukkan ke dalam amplop coklat ukuran 35 x 24,5 cm, ditujukan kepada :
PO. BOX 33101 CPNS 2012

Pada ujung kiri atas amplop lamaran ditulis “Perihal : Lamaran CPNS, Jenis Formasi, Nama Jabatan, Kode Jabatan, Kualifikasi Pendidikan dan Kode Tingkat Pendidikan”. Contoh penulisan terlampir,
Warna Map Jenis Formasi :

- Strata Dua ( S-2) = Hijau Muda
- Strata Satu (S-1) = Hijau Muda
- Diploma Tiga (D-III) = Merah Muda

4. Lamaran yang memenuhi syarat (MS) akan diberikan balasan disertai dengan tanda peserta ujian/nomor test.III. PELAKSANAAN SELEKSI

1. Bagi pelamar yang memenuhi persyaratan administrasi seleksi Tahap I, akan diundang untuk mengikuti seleksi Tahap II berupa Test Tertulis Kompetensi Dasar, yang akan dilaksanakan pada :
Hari : Sabtu
Tanggal : 8 September 2012
Jam : 08.00 WIB
Tempat : Diumumkan 2 (dua) hari sebelum pelaksanaan tes di Kantor BKD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Jl. Pulau Anyer Kompleks Perkantoran dan Pemukiman Terpadu Air Itam - Pangkalpinang. Materi Test Kompetensi Dasar yang meliputi :

- Test Wawasan Kebangsaan
- Test Intelegensi Umum
- Test Karakteristik Pribadi

2. Bagi pelamar yang lulus seleksi Tahap II wajib mengikuti seleksi Tahap III berupa Test Kompetensi Bidang yang meliputi :

- Tes tertulis;
- Tes praktek (performance test);
- Tes psikologi lanjutan; dan atau
- Tes wawancara.

3. Perlengkapan ujian

Kelengkapan yang harus dibawa pada waktu ujian sebagai berikut :

a. Kartu Peserta/Tanda Peserta;
b. Pensil 2 B asli;
c. Karet Penghapus
d. Alas untuk menulis;
e. Rautan;
f. Pulpen atau Ballpoin;

4. Keputusan kelulusan ujian Tahap II akan diumumkan lebih lanjut, keputusan tersebut bersifat mengikat dan tidak dapat diganggu gugat.

Pengumuman dapat dilihat di :
- Kantor Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
- Koran Harian Daerah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
- Website : www.babelprov.go.id

IV. KETENTUAN LAIN-LAIN

1. Berkas lamaran yang sudah dikirim menjadi milik panitia dan tidak dikembalikan.
2. Pelamar yang tidak memenuhi syarat tidak akan diikutsertakan dalam test.
3. Keputusan Panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
4. Bagi pelamar yang memberikan keterangan palsu akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.
5. Agar para pelamar jangan percaya pada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan.


Info Lengkap download disini