APA ITU LAPORAN LABA RUGI

Written By Admin 2012/07/17 | Selasa, Juli 17, 2012

LAPORAN LABA RUGI


Apa Itu Laporan Laba-Rugi?

Laporan Laba Rugi menggambarkan informasi mengenai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba selama satu periode tertentu.

Laporan Laba Rugi mempunyai dua unsur yaitu pendapatan dan beban/biaya.

Pendapatan (income) adalah kenaikan manfaat ekonomi selama satu periode akuntansi dalam bentuk pemasukan dan penambahan aktiva atau penurunan kewajiban yang mengakibatkan kenaikan ekuitas yang tidak berasal dari kontribusi penanam modal. Pendapatan timbul dalam pelaksanaan aktivitas perusahaan yang biasa dikenal dengan sebutan berbeda seperti penjualan, penghasilan jasa, bunga dan lainnya.

Beban (expense) adalah penurunan manfaat ekonomi selama suatu periode akuntansi dalam bentuk arus keluar atau berkurangnya aktiva atau terjadinya kewajiban yang mengakibatkan penurunan ekuitas yang tidak menyangkut pembagian kepada penanam modal. Istilah beban kadangkala disebut juga dengan biaya (cost). Contoh termasuk dalam kategory beban/biaya adalah HPP, Biaya Pemasaran, Biaya gaji Karyawan, Biaya Penyusutan, BIaya Administrasi Umum dan sejenisnya.



Ada dua Format/ Bentuk Laporan Rugi Laba yaitu Singgle Step dan Multiple Step.

Contoh Singgle Step lihat gambar dibawah,

laporan-rugi-laba-single-step
laporan-rugi-laba-single-step



Contoh Multiple Step lihat gambar dibawah,

laporan-rugi-laba-multiple-step
laporan-rugi-laba-multiple-step

Artikel Terkait

1 komentar:

tulisanpunberceritaaa** mengatakan...

kita juga punya nih jurnal mengenai laba dan rugi perusahaan, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3468/1/JURNAL%20_21205189__2.pdf
semoga bermanfaat yaa :)

Posting Komentar